Pusat Pengaduan TKI Taiwan Dapat Jadi Model

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat mengatakan, sistem pengelolaan Call Center 24 Jam “1955” di Taiwan guna melayani pengaduan TKI dan tenaga kerja asing lainnya dapat menjadi model yang akan diperjuangkan agar memudahkan akses pelayanan TKI di negara lain.

Menurut Jumhur, peranan Call Center 1955 yang didirikan Pemerintah Taiwan sudah dirasakan manfaatnya bagi TKI. Saat ini, jumlah TKI di Taiwan mencapai 161.000 dan merupakan pekerja asing terbesar di Taiwan. “Dengan Call Center yang ada di tiap negara penempatan, TKI dapat menyampaikan permasalahan dan bantuan penanganan, termasuk menggunakannya sebagai sarana konsultasi terkait pekerjaan TKI maupun hak-hak TKI,” ujar Jumhur kepada Kompas di Jakarta, Jumat (29/4/2011).

“Negara yang memberi akses layanan pengaduan langsung kepada TKI juga akan dipandang sebagai negara yang baik dalam memperlakukan TKI,” ujarnya.

Jumhur juga menjelaskan, BNP2TKI pada tahun 2011 ini juga akan meluncurkan pegoperasian layanan atau pusat pengaduan TKI berupa Call Center 24 Jam, yang juga dapat diakses gratis melalui nomor telepon khusus oleh TKI, keluarga TKI, ataupun masyarakat luas yang menghendaki penyelesaian permasalahan TKI, baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.

Jumhur bersama rombongan BNP2TKI, di antaranya Deputi Perlindungan Lisna Poelongan, Deputi Kerja Sama Luar Negeri dan Promosi Endang Sulistyaningsih, Direktur Kerja Sama Luar Negeri Kawasan Asia Pasifik dan Amerika Anjar Prihantoro, Direktur Penyiapan Pemberangkatan Arifin Purba, Direktur Perlindungan dan Advokasi Kawasan Asia Pasifik dan Amerika Sadono, Kepala Biro Hukum dan Humas Ramiany Sinaga, serta Tenaga Profesional Kepala BNP2TKI Bidang Komunikasi Publik Mahmud F Rakasima berada di Taiwan sejak Rabu (27/4/2011) guna menghadiri Pertemuan Tahunan V Indonesian Economic and Trade Office to Taipei (IETO/KDEI) dengan Taiwan Economic Trade Office (TETO), Jumat (29/4/2011) di Taipei.

About these ads

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s