TKI Jembatan Khandara Segera Tiba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta: Para tenaga kerja Indonesia (TKI) dan warganegara RI yang terkatung-katung di kolong jembatan Khandara, Jeddah, Arab Saudidijadwalkan tiba di Tanah Air pada Senin (14/2).

Kepastian kedatangan mereka ini disampaikan oleh Kepala Badan nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Jumhur Hidayat Sabtu (12/2) di Jakarta, Jumhur memastikandirinya akan langsung menjemput kepulangan mereka di Terminal II Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, bersama sejumlah pejabat dari Kemenko Kesra, Kemenlu, Kemenakertrans, dan instansi terkait.

Keputusan memulangkan mereka, berdasarkan rapat lintas instansi di Kemenko Kesra pada Kamis dan Jumat (10-11/2) lalu. Gelombang pertama kepulangan 240 orang TKI dan WNI “overstayers” dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (14/2) sekitar pukul 12.40 WIB, setelah terbang dengan pesawat Garuda dari Jeddah. Sedangkan gelombang kedua 260 orang TKI dan WNI “overstayers” dijadwalkan tiba pada Selasa (15/2) siang.

Biaya pemulangan mereka seperti tiket pesawat terbang dari Jeddah ditanggung oleh negara melalui Kemenlu RI, sedangkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke kampung halaman masing-masing dibiayai oleh negara melalui BNP2TKI.

Saat ini menurut Jumhur, berdasarkan laporan dari KBRi di Arab Saudi, para TKI dan WNI yang tinggal di kolong jembatan Khandara sejak Januari lalu sudah dipindahkan ke kantor imigrasi Jeddah untuk memproses dokumen kepulangan. Jumhur mengatakan pemerintah Arab Saudi membebaskan denda dan mengeluarkan “exit permit” kepada TKI dan WNI “overstayers” yang tidak tersangkut perkara kriminal.

Sedangkan mereka yang tersangkut perkara kriminal seperti pencurian dan sebagainya akan diproses secara hukum, sehingga tidak bisa dikeluarkan “exit permit” dan harus membayar denda. Pemerintah Arab Saudi menetapkan denda 1.200 Real per tahun bagi para pelanggar imigrasi yang “overstayers”. (ARI)

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi. Tandai permalink.

2 Balasan ke TKI Jembatan Khandara Segera Tiba di Indonesia

  1. renungan berkata:

    info menarik. terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s