TKI Jatim di Libya Tak Mau Dipulangkan

SURABAYA, KOMPAS.com — TKI asal Provinsi Jawa Timur di Libya tidak bersedia dipulangkan ke kampung halamannya dan memilih tinggal sementara di Tunisia.

“Kami tidak bisa memaksa dan mencegah kemauan mereka. Kami hanya membantu memfasilitasi mereka,” kata Kepala Disnakertransduk Jawa Timur Hary Soegiri, Minggu (6/3/2011).

Mengutip data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dia mengemukakan, jumlah TKI yang bekerja di Libya 300-350 orang.

“Dari jumlah itu, sebanyak 90 orang di antaranya berasal dari Jatim. Dan sebagian besar tidak mau dipulangkan ke Tanah Air dengan memilih tinggal sementara di Tunisia,” katanya.

Para TKI yang tidak mau pulang ke Indonesia itu karena alasan situasi politik di Libya tidak akan berlangsung lama.

“Mereka beranggapan, daripada jauh-jauh pulang ke Indonesia lebih baik tinggal sementara di Tunisia. Kalau situasi sudah terkendali, mereka akan kembali lagi ke Libya,” katanya.

Selama berada di Tunisia, Pemerintah RI akan mengawasinya dengan mengirimkan satuan tugas khusus.

“Sampai saat ini proses administrasi untuk dapat masuk ke Tunisia masih terus berlangsung. Pemerintah RI membantu memberikan kemudahan,” kata mantan Asisten III Sekda Prov Jatim itu.

Pemerintah RI juga menanggung biaya TKI di Libya yang hendak tinggal sementara di Tunisia, termasuk biaya pesawat dari Libya ke Tunisia pergi-pulang.

“Mengenai berapa lama para TKI dari Libya ini kembali, kami masih belum bisa memastikannya mengingat situasi politik di Libya masih belum kondusif,” katanya.

Disnakertranseduk sementara waktu juga telah menghentikan proses pengiriman TKI ke negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Timur Tengah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s