Lagi, TKI Jember Tewas di Malaysia

JEMBER, KOMPAS.com — Kismantio (28), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Pucukan, Desa Sidmulyo, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tewas di tempat kerjanya di Malaysia.

Jenazah Kismantio tiba di rumah duka, Rabu (30/3/2011) sekitar pukul 01.00 WIB, disambut isak tangis keluarga yang sudah berkumpul sejak beberapa jam sebelumnya.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jember Ahmad Mufti mengatakan, Kismantio meninggal dunia pada Minggu (27/3/2011) lalu karena kecelakaan kerja di Malaysia.

“TKI asal Desa Sidomulyo itu bekerja sebagai buruh bangunan di salah satu kontraktor di Malaysia, dan diduga meninggal dunia karena terjatuh saat yang bersangkutan bekerja,” tuturnya.

Kismantio berangkat ke Malaysia sekitar bulan Maret 2010, dengan proses penempatan mandiri atau perorangan sehingga tanpa melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). “Almarhum Kismantio berangkat ke Malaysia sendiri, setelah dihubungi oleh saudara sepupunya yang sudah bekerja lama di Malaysia,” ucap aktivis buruh migran itu.

Sesuai dengan aturan, lanjut dia, majikan yang mempekerjakan almarhum harus membayar gajinya selama yang bersangkutan bekerja dan seluruh barang milik korban kecelakaan kerja itu harus disampaikan kepada keluarga korban.

“Sisa gaji yang belum terbayar harus diberikan kepada pihak keluarga korban. Biasanya TKI yang bekerja di luar negeri juga mendapat asuransi, apabila yang bersangkutan meninggal dunia,” ujarnya menambahkan.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Malaysia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s