Tak sehat, 20 jasa pengirim TKI dilikuidasi

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sekitar 20 perusahaan jasa Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), dilikuidasi oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) karena dinilai tidak sehat, bermasalah dan tak menjalankan bisnisnya secara profesional.

“20 perusahaan itu hasil audit dari 160-an PPTKIS di Indonesia. Kami terus melakukan audit terhadap perusahaan jasa pengiriman TKI yang tidak sehat, bermasalah” tegas Menteri Tenaga Kerja dan
Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-33 Kemenakertrans, di Jakarta, Selasa (29/3/2011). Menteri enggan menyebut 20 PPTKIS yang dibekukan.

Dilanjutkan, ada proses bagi perusahaan yang kena likuidasi. Diawali dengan audit bagi semua PPTKIS yang dianggap tidak sehat, kemudian dilakukan penyempurnaan, lantas pembinaan. Jika tak bisa dibina langsung dibekukan atau dilikuidasi.

Likuidasi itu, sambung menteri, karena dinilai tidak memenuhi persyaratan UU Nomor 13/2003 tentang Norma Aturan Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Luar Negeri (PPTKILN) Nomor 39/2004 tentang tata cara penempatan dan perlindungan TKI yang bekerja
di luar negeri.

Menyinggung TKI di Hongkong yang terancam hukuman mati oleh pengadilan China, karena menyelundupkan narkoba? “Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri yang membidangi khusus masalah ini, salah satunya adalah perlindungan warga negara dimanapun berada. Yang pasti kita dampingi, kita bantu,” tandasnya.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah Indonesia saat ini kita tidak memiliki hubungan pengiriman tenaga kerja ke China termasuk ke Ghuangzhou. Namun, menjadi hak warga negara kalau bekerja di luar negeri selalu mendapatkan perlindungan hukum sebagai warga negara Indonesia.

Nur Bidayati Ikrimah binti Masruri (38 tahun), TKI di Hongkong terancam hukuman mati oleh pengadilan China, karena tertangkap tangan menyelundupkan narkoba jenis heroin pada 17 Desember 2008. Saat ditangkap Nur baru mendarat di Guangzhou dari Kuala Lumpur, Malaysia, dengan menumpang pesawat China Southern nomor penerbangan CZ 366. Kbc10

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s