Kapal Mewah Jemput 2.927 TKI dari Saudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pejabat tinggi pemerintah direncanakan meninjau Kapal Motor (KM) Labobar milik PT Pelni (Persero) yang akan digunakan menjemput 2.927 WNI overstay dan TKI bermasalah dari Jeddah, Arab Saudi, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (8/4/2011) ini.
Mereka adalah Menko Kesra Agung Laksono, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menhub Freddy Numberi, dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat.

Peninjauan sejumlah pejabat itu, kata Jumhur Hidayat, untuk mengetahui kesiapan akhir KM Labobar dan para awak kapal sebelum diberangkatkan ke Jeddah, Minggu (10/4/2011). “Termasuk, memeriksa kelengkapan fasilitas pelayanan yang disediakan KM Labobar,” ujar Jumhur.

Kapal berbobot mati 3.350 metrik ton yang mampu berjalan dengan kecepatan 20 knot itu akan berlayar selama 25 hari mengarungi rute Jakarta-Jeddah dan kembali ke Jakarta. KM Labobar berkapasitas 3.245 penumpang, meliputi 161 awak kapal.

“Kapal ini sebenarnya tergolong layak dan mewah karena dilengkapi bioskop, kolam renang, warung dan restoran, ruang hiburan, ruang shalat, ruang makan yang besar, tempat santai, ” katanya.
Menurut Jumhur, saat berangkat KM Labobar akan langsung berlayar dari Tanjung Priok (Jakarta) menuju Jeddah. Namun, saat kembali ke Jakarta kapal tersebut akan menempuh jalur Jeddah-Eden (Yaman)-Kolombo (Sri Lanka)-Padang (Sumbar) dan Tanjung Priok.

“Jadi, waktu kembali ke Jakarta, KM Labobar akan singgah di Pelabuhan Eden, Kolombo, dan Padang,” jelasnya. KM Labobar meninggalkan Jakarta pada 10 April dan akan tiba di Pelabuhan Jeddah pada 19 April.

Setelah docking selama empat hari dengan proses menaikkan penumpang para WNI/TKI, KM Labobar kembali ke Jakarta pada 23 April dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok antara 2 dan 3 Mei 2011.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s