Dipertimbangkan, Bebaskan WN Arab

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan mempertimbangkan pembebasan warga negara Arab Saudi yang menjadi terpidana di Indonesia jika Pemerintah Arab Saudi memintanya. Hal tersebut menyusul pembebasan 361 warga negara Indonesia yang menjadi terpidana di Arab Saudi.

“Kalau ada permintaan itu, kami pikirkan, kami pertimbangkan, itu hukum alam, enggak boleh bertepuk sebelah tangan. Apalagi masih ada jutaan orang Indonesia di sana (Arab Saudi),” kata Patrialis dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (18/4/2011).

Namun, menurut Patrialis, hingga kini kedua pihak belum membicarakan kompensasi atas pembebasan 316 WNI oleh Arab tersebut. Pemerintah Arab Saudi, katanya, tidak meminta apa pun.

“Yang kita lihat adalah kemulian hati,” tambah Patrialis.

Pemerintah Indonesia, dalam pertemuan yang digelar Rabu (13/4/2011) pekan lalu, meminta Arab Saudi membebaskan warga negara Indonesia yang dipidana di Arab. Melalui proses negosiasi, Pemerintah Arab Saudi bersedia membebaskan 316 WNI yang menjadi tahanan di negara tersebut. Dari 316 WNI, 99 persennya berstatus sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).

Diperkirakan, dalam hitungan minggu 316 WNI tersebut dapat pulang ke Indonesia. Sebelum dipulangkan, para WNI akan menjalani satu kali sidang umum yang menyatakan pembebasannya.

Selain membebaskan 316 WNI yang ditahan, pemerintah juga mengupayakan pembebasan 23 WNI tahanan lainnya yang mendapatkan vonis mati. Pembebasan terhadap tahanan yang mendapat vonis mati tersebut tidak serta-merta dapat dilakukan. Pemerintah Arab Saudi, menurutnya, tidak berwenang membebaskan terpidana mati yang belum mendapatkan maaf dari keluarga korbannya.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s