Upah TKI hingga Rp 9 Juta Per Bulan

WELLINGTON, KOMPAS.com — Tenaga kerja Indonesia yang menjadi pemetik buah di Selandia Baru sangat disukai oleh majikan mereka karena umumnya bekerja dengan jujur, rajin, setia, dan tak banyak ulah. Umumnya para pekerja itu menjadi pemetik buah anggur, pir, dan apel.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Selandia Baru, A Agus Sriyono, Kamis (31/3/2011) di Wellington, mengatakan, meskipun sangat disukai pengusaha, tetapi tidak mudah untuk mendatangkan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Selandia Baru karena Pemerintah Selandia Baru menerapkan kuota ketat serta memprioritaskan tenaga kerja dari negara-negara Asia Pasifik.

Saat ini baru sekitar 150 orang pemetik buah yang didatangkan dari Indonesia. Upah tenaga kerja pemetik buah di Selandia Baru cukup tinggi, sekitar Rp 9 juta per bulan. Dikurangi biaya hidup selama di Selandia Baru, rata-rata pekerja bisa mengirim uang untuk keluarganya di Indonesia sekitar Rp 5 juta per bulan.

Selain berupaya meningkatkan jumlah TKI yang menjadi pemetik buah di Selandia Baru, Kedutaan Besar RI di Selandia Baru saat ini sedang berusaha merebut peluang pekerja pemotong sapi di Selandia Baru. Banyaknya penduduk Muslim di Indonesia menjadi peluang tersendiri. Namun, Indonesia juga harus bersaing dengan negara-negara Muslim lain di kawasan Pasifik.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Upah TKI hingga Rp 9 Juta Per Bulan

  1. zizi berkata:

    wah, cuma jd pemetik buah bisa ngasih 5jt ke keluarga? enak bener…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s