1955, Nomor Layanan Pengaduan TKI di Taiwan

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat mengatakan, Pemerintah Taiwan sudah menyediakan fasilitas call center 1955, sebagai pusat pengaduan berbagai kasus yang terkait dengan ketenagakerjaan asing.

“Tadi saya dapat informasi itu saat bertemu Manager Umum Call Center 1955, David Huang, di Kantor Call Center 1955, di New Taipei City,” ujar Jumhur pada Kompas di Jakarta, Jumat (29/4/2011).

Saat ini, Jumhur berada di Taiwan untuk menghadiri Pertemuan Tahunan V Indonesian Economic and Trade Office to Taipei (IETO/KDEI) dengan Taiwan Economic Trade Office (TETO), Jumat (29/4/2011) di Taipei.

Menurut Jumhur, call center 1955 yang aktif 24 jam itu dioperasikan oleh Council of Labor Affair (CLA) atau Departemen Tenaga Kerja Taiwan. Nomor pengaduan itu sudah beroperasi sejak 1 Juli 2009 dengan pengaduan bebas biaya dalam empat bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Thailand, serta Vietnam.

Menurut Jumhur, berdasarkan penjelasan David, pihak Call Center 1955 dapat memanggil agensi penyalur tenaga kerja di Taiwan maupun majikan, sehingga permasalahan yang diadukan TKI dan tenaga kerja asing lainnya bisa dituntasnya secepatnya.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s