Diusir, TKI Dubai Tanggung Tiket Pesawat

DUBAI, KOMPAS.com — Malang betul nasib Suratmi binti Bejo (32), tenaga kerja Indonesia asal Madiun, Jawa Timur, ini. Tenaga kerja yang sudah bekerja 20 bulan di Dubai, Uni Emirat Arab, tersebut harus membeli tiket pesawat Garuda Indonesia rute Dubai-Jakarta dengan gaji sendiri setelah diusir majikannya, Ali Sambi Bilal Al Balusi.

Saat ditemui di Bandara Internasional Dubai, Rabu (27/4/2011), Suratmi tengah mendaftar di loket Garuda sambil mengepit tas tenteng di bahu. Dia hanya membawa semua pakaian miliknya dan dilarang membawa semua hadiah dari majikan.

Majikan perempuan Suratmi mengawasinya dari jauh. Mereka kemudian pergi ke bagian imigrasi bandara untuk membatalkan visa kerja Suratmi yang disponsori majikan, yang berasal dari Iran. “Anak majikan memfitnah saya. Mereka mengomeli saya semalaman lalu mengusir saya,” tuturnya.

Suratmi mengatakan, majikan kemudian membelikannya tiket pesawat. “Tetapi dia tidak mau membayar gaji saya selama dua bulan,” ujarnya. Dia bekerja dengan gaji 700 dirham (Rp 1,6 juta) per bulan.

Suratmi pernah bekerja selama 6,5 tahun di Saudi, dan dipakai untuk membeli sawah dan menyekolahkan anak. Kini dia bekerja di Dubai untuk membangun rumah dan mencari modal usaha bagi suaminya. Namun, Suratmi pun terpaksa pulang ke Indonesia dengan tangan kosong.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s