Dapat Anggaran Rp 4 Triliun, Muhaimin Genjot Keterampilan TKI

Jakarta – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mendapatkan anggaran Rp 4,128 triliun di 2011. Jumlah ini naik Rp 1 triliun dibandingkan 2010 yang sebesar Rp 3,122 triliun.

Dari dana tersebut, Menakertrans Muhaimin Iskandal akan menggenjot keterampilan tenaga kerja di Indonesia khususnya calon TKI.

Muhaimin mengatakan alokasi anggaran yang paling besar adalah untuk Binalantas (Pembinaan Pelatihan dan Peningkatan Produktivitas) yang besarannya Rp 1,2 triliun.

“Paling besar di pelatihan, yaitu Rp 1,2 triliun. Karena kita ingin mencetak calon tenaga kerja kompeten,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin di kantornya, Jakarta, Rabu (5/1/2011).

Di 2011 ini, ada berbagai macam kegiatan baru yang akan dilaksanakan oleh Kemenakertrans, khususnya untuk mengembangkan keterampilan calon TKI.

“Kita akan mebangun rumah terampil di 38 kantong TKI. Pelatihan tersebut berbasis kebutuhan masyarakat. Menggerojok daerah berbasis TKI semaksimal mungkin agar TKI bisa bekerja di dalam negeri, kalau pun mau ke luar harus lebih siap agar bisa masuk lahan-lahan industri,” cetusnya.

Adapun anggaran yang didapat Kemenakertrans di tahun ini naik Rp 1 triliun dari 2010 yang sebesar Rp 3,122 triliun. Anggaran tersebut dibagi untuk pusar Rp 2,619 triliun. Kemudian untuk dekonsentrasi Rp 222,189 miliar melalui 33 satker di seluruh provinsi. Kemudian Rp 1,509 triliun untuk 594 satker di provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia.

“Minimalnya Kemenakertrans dapat Rp 5 triliun supaya bisa bernafas lega dan idealnya dapat Rp 10 triliun untuk pelatihan. Kita maksimalkan untuk 3 konsentrasi, yaitu ketransmigrasian, peningkatan pelatihan tenaga kerja, dan membangun perlindungan bagi tenaga kerja TKI luar maupun dalam negeri,” tukas Muhaimin.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s