Tenaga kerja Indonesia yang dil luar negeri 78 % adalah PEREMPUAN.

Jakarta – Perempuan mendominasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau sekitar 78% TKI yang berangkat ke luar negeri adalah seorang perempuan. Sementara sebanyak 76% TKI yang bekerja di luar negeri adalah pembantu rumah tangga.

Demikan disampaikan oleh peneliti Pusat Kajian Wanita dan gender Universitas Indonesia (UI) Dewi Novirianti dalam acara diskusi publik akses terhadap keadilan di Indonesia Selasa (22/3/2011)

“Sekitar 78% TKI adalah seoang perempuan,” katanya.

Menurutnya sejak tahun 2007 hampir setipa tahunnya sekitar 700 ribu TKI berangkat ke luar negeri, angka ini selalu bertambah setiap tahun.

Dewi menambahkan, TKI indentik dengan pekerjaan pembatu rumah tangga, padahal banyak dari TKI yang berprofesi sebagai dokter dan insinyur. Namun mereka tidak dianggap sebagai TKI.

“Banyak dari mereka yang juga berprofesi sebagai dokter dan insinyur yang tidak dianggap sebagai TKI,” ungkapnya.

Menurut Dewi, pada tahun 2010 sampai bulan September jumlah devisa yang berasal dari TKI mencapai US$ 5,03 miliar.

Dari data yang didapat Dewi, sebagian besar TKI berasal dari desa-desa miskin di Indonesia. Dengan begitu, pengiriman TKI ke luar negri akan megurangi kemiskinan di Indonesia.

Data resmi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (awal 2010) Malaysia menjadi negara terbesar tujuan TKI yaitu mencapai 1,2 juta orang. Angka tersebut disusul Arab Saudi yang menempati urutan kedua yaitu tercatat 927.500 orang.

Selain itu, dari sisi jumlah TKI yang bekerja di luar negeri hingga awal Februari 2010 jumlahnya mencapai 2.679.536 orang. Untuk pemasukan devisa yang dihasilkan dari remitansi yang dikirimkan TKI sampai akhir tahun 2009 mencapai US$ 6,615 miliar.

Sedangkan TKI yang bekerja di negara Singapura berjumlah 80.150 orang, Yordania 38.000 orang. Ada juga yang bekerja di Bahrain sebanyak 6.500 orang,
Kuwait 61.000 orang, UEA 51.350 orang dan Qatar 24.586 orang. Data jumlah TKI yang bekerja Taiwan berjumlah 130.000 orang, Hongkong mencapai 120.000 dan Brunei Darussalam 40.450 orang.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Dalam Negeri, Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s