Demi Babu, Filipina Bergeming

KOMPAS.com — Dua jempol mengacung untuk Filipina. Terkesan menjaga harkat tenaga kerja pembantu rumah tangga asal Filipina yang dikirim ke Arab Saudi, Pemerintah Filipina bergeming. Dengan tegas, Filipina menolak permintaan Arab Saudi untuk menurunkan standar upah minimum PRT alias babu tersebut.

Jangan salah kira, andai meluluskan permintaan Arab Saudi, upah minimum PRT Filipina bakal melorot hingga separuh jumlahnya. Tak cuma itu, Pemerintah Filipina telah menyatakan menghentikan pengiriman PRT ke Kerajaan Arab Saudi hingga ada kesepakatan mengenai gaji minimum.

Sampai kini, sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (21/5/2011), Filipina mengirimkan sekitar 13.000 PRT per tahun ke Arab Saudi. Meski begitu, penangguhan pengiriman tenaga kerja domestik tersebut mungkin akan menimbulkan dampak besar bagi kedua negara.

Sengketa soal upah minimum mulai mengemuka pada Maret. Waktu itu, Pemerintah Filipina mengumumkan pekerja domestik dari negeri itu harus digaji setidaknya 400 dollar AS (kurang Rp 3,5 juta) tiap bulan di Arab Saudi. Filipina juga menekankan agar PRT mendapat jaminan kondisi kerja yang manusiawi.

Namun, Arab Saudi secara tersirat menghendaki upah minimum bagi tenaga kerja domestik asal Filipina hanya setengah dari jumlah tersebut. Filipina menolak keinginan Saudi.

Jaminan Pemerintah Filipina menyatakan, negara itu memberlakukan syarat-syarat baru untuk menjamin perlakuan sepatutnya bagi warganya yang bekerja di luar negeri. Pasalnya, beberapa PRT di Saudi mengadukan bahwa mereka menjadi korban penganiayaan dan penunggakan pembayaran gaji.

Keberadaan warga Filipina yang bekerja di luar negeri memiliki arti penting bagi negara Asia Tenggara tersebut. Sekitar 4 juta orang Filipina bekerja di luar negeri, termasuk 1 juta orang yang mencari nafkah di berbagai perusahaan dan rumah di Arab Saudi. Pengiriman uang oleh warga yang bekerja di luar negeri sangat membantu ekonomi nasional Filipina.

Dengan peluang kerja di dalam negeri terbatas, banyak warga Filipina juga mengandalkan negara lain untuk mendapatkan kesempatan kerja dan memperoleh pendapatan untuk keluarga mereka dengan beragam risiko.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s