RI & Arab Saudi Bahas Tenaga Kerja Di SOM

JAKARTA:SOLINDUN.COM, Pemerintah akan melakukan pembahasan penempatan tenaga kerja Indonesia dalam Senior Official Meeting (pertemuan antarpejabat tinggi pemerintah) Indonesia dan Arab Saudi di Jeddah pada 28-29 Mei 2011.
Pembahasan Senior Official Meeting (SOM) itu akan dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu Lutfi Rauf dan Plt Direktur Jenderal Binapenta Kemenakertrans Reyna Usman.
Pertemuan SOM itu akan dihadiri juga oleh Menteri Tenaga Kerja Arab Saudi Adel Mohammad Fakeih berikut jajarannya.
Menurut Jumhur, forum SOM difasilitasi atas kerja sama pemerintah melalui Kedutaan Besar Indonesia di
Riyadh dengan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

“Adanya forum SOM itu patut diapresiasi, khususnya kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berkomitmen memberi agenda bagi kedua negara untuk menyepakati perbaikan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI,” katanya, hari ini.
Pemerintah, lanjut Jumhur, berharap forum SOM menghasilkan pembahasan yang sama-sama bermanfaat demi tercapainya kesepakatan perlindungan TKI yang bermartabat di Arab Saudi.
Sementara itu, Reyna Usman menuturkan selain mengadakan pembahasan perlunya kesepakatan penempatan dan perlindungan TKI yang diagendakan forum SOM, anggota delegasi juga dijadwalkan bertemu jajaran perwakilan Indonesia, baik KBRI maupun Konsulat Jenderal di Jeddah.

“Sangat diharapkan SOM dengan Pemerintah Arab Saudi pada akhirnya akan mampu merealisasikan nota kesepahaman tentang penempatan TKI antarkedua negara yang belum dimiliki,” jelasnya.
Saat ini, jumlah TKI di Arab Saudi mencapai sekitar 1,5 juta orang, dengan 90% sebagai TKI informal sektor penata laksana rumah tangga ataupun supir pribadi, yang bekerja pada pengguna jasa/majikan perorangan.
Berdasarkan kebijakan Menakertrans, penempatan TKI ke Arab Saudi mulai 2011 dilakukan secara lebih ketat dengan memberlakukan sistem pelatihan online 200 jam yang diawasi Sisko TKLN (Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri) BNP2TKI. (mfm)

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s