Moratorium TKI ke Negara Tertentu Diumumkan Juni

SOLINDUN.COM, JAKARTA–MICOM: Pemerintah pada pertengahan Juni 2011 akan mengumumkan keputusan untuk memberlakukan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) kepada negara tertentu yang dinilai tidak memberikan cukup perlindungan.
Usai rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/4), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan tim evaluasi pengiriman TKI yang dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini masih bekerja mengkaji persoalan pengiriman TKI mulai dari mekanisme di dalam negeri sampai perlakuan di negeri penerima TKI.

Untuk evaluasi dalam negeri, menurut Muhaimin, pemerintah secara menyeluruh akan mengkaji proses rekrutmen, pelatihan, administrasi, dan keberangkatan ke negeri penempatan.
Evaluasi negera penerima meliputi apakah pemerintah telah memiliki nota kesepahaman atau keja sama bilateral dengan negara tesebut dan apakah negara itu memiliki peraturan perundang-undangan yang memberikan jaminan perlindungan kepada TKI.
“Pada akhir Mei atau Juni kami akan melaporkan tahap pertama ke Presiden, terutama negara mana yang bisa kita lakukan kerja sama baik atau moratorium,” ujar Muhaimin. (Ant/OL-5)

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s