Indonesia Harus Gugat Pemerintah Arab Saudi

SOLINDUN@TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah RI harus segera melancarkan gugatan hukum kepada Pemerintah Arab Saudi. Fakta bahwa pihak berwajib Arab Saudi tidak memberitahu pelaksanaan hukuman mati atas WNI Ruyati binti Satubi kepada perwakilan RI, mestinya bisa berujung pada soal pelanggaran Hak Asasi Manusia oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Tidak adanya informasi (eksekusi hukuman pancung) itu menyebabkan keluarga almarhumah di Indonesia pun tidak tahu apa-apa tentang pelaksanaan hukuman mati itu,” kata anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo kepada tribunnews.com, Selasa (21/6/2011).

Hal ini dinilai tentu saja sangat menyakitkan ketika tiba-tiba keluarga diberitahu bahwa almarhumah Ruyati sudah dipancung. Ia mengatakan, protes keras saja tidak cukup. Aksi Pemerintah RI yang akan memberi tanggapan diplomatis jelas-jelas tidak sepadan dengan penghinaan pemerintah Arab Saudi yang telah menghukum mati Ruyati.

“Lancarkan gugatan hukum. Langkah hukum menggugat Arab Saudi harus segera ditempuh pemerintah RI agar penghinaan serupa tidak berulang di kemudian hari,” tegasnya.

Memang, apa pun upaya yang akan dilakukan tidak mungkin menghidupkan kembali almarhumah Ruyati. Tetapi, untuk meringankan beban penderitaan keluarga almarhumah, pemerintah tidak boleh minimalis dalam menyikapi kasus ini.

“Menurut saya, sekadar melancarkan protes keras kepada Arab Saudi mencerminkan kehendak minimalis pemerintah yang belum tentu mampu membantu mengobati luka batin keluarga almarhumah. Sebab, protes keras itu hanya mencakup urusan kenegaraan RI-Arab Saudi, dan sama tidak menyentuh batin keluarga almarhumah,” sergah Bambang.

“Kalau kemudian keluarga almarhumah dan kita semua saat ini hanya bisa terkejut, ini bukti nyata bahwa pendampingan perwakilan RI di Arab Saudi terhadap WNI Ruyati amat minim selama berjalannya proses hukum atas Ruyati,” tukasnya. (*)

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s