Digalang, Koin untuk Sab’atun dan Hasin

SOLINDUN@KOMPAS.com — Derita yang dialami Sab’atun (30) dan Hasin Taufik (40), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, yang akan dieksekusi potong tangan oleh Pemerintah Arab Saudi, mendapat simpati dari masyarakat Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Rabu (22/6/2011), mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pamekasan (FKMP) melakukan aksi penggalangan dana di areal monumen Arek Lancor. Aksi itu mendapat perhatian dari sejumlah pengendara yang melintas.

Koordinator FKMP, Sahur Abadi, mengatakan, aksi itu sebagai bentuk kepedulian terhadap dua TKI yang akan dieksekusi potong tangan. “Kita patut prihatin kepada keduanya karena dia masih saudara dengan kita,” kata Sahur Abadi.

Selain itu, menurut dia, aksi ini pun untuk mendorong Pemerintah Indonesia agar segera menebus permintaan tebusan majikan kedua TKI sebesar Rp 250 juta. “Dana yang ada untuk mengurusi TKI miliaran, tetapi kenapa pemerintah sulit untuk membebaskan para TKI yang sedang menjalani proses hukum di Arab Saudi,” tambahnya.

Hasil penggalangan dana tersebut, kata Sahur, akan diserahkan kepada Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pamekasan. “Berapa pun hasil dari penggalangan ini akan tetap kami salurkan karena ini amanat,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sab’atun dan Hasin Taufik dipenjara oleh Pemerintah Arab Saudi di Jeddah sejak pertengahan tahun 2006. Keduanya dituduh oleh majikannya, Sayyid Umar Said Bamusak, telah mencuri emas 1 kilogram.

Keduanya dimintai uang tebusan Rp 250 juta untuk lolos dari tahanan. Kedua TKI yang masih suami istri itu berangkat ke Arab Saudi pada tahun 2001 melalui Perusahaan Jasa Tenaka Kerja (PJTKI) PT Hosana Adi Kreasi, Jakarta Timur

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s