Giliran Keluarga TKI Demo di Semarang

SOLINDUN@KOMPAS.com — Seusai para mahasiswa berunjuk rasa menuntut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi mundur dari jabatannya, kali ini giliran orangtua para TKI yang hilang berunjuk rasa.

Eva Rizan, Direktur Legal Resource Center Keadilan Jender dan HAM (LRC KJHAM), yang mendampingi mereka melansir data bahwa sepanjang 2010 pihaknya menerima pengaduan 51 buruh migran asal Jateng yang mendapat perlakuan buruk dan respons buruk pemerintah.

“Aksi kali ini adalah upaya memperpanjang momentum agar pemerintah segera sadar terhadap kewajiban melindungi warga negaranya,” kata Eva, di sela-sela aksi, Rabu (22/6/2011) siang.

Dalam orasinya, koordinator aksi Eko R Fiaryanto menyebutkan, sejumlah pengaduan terhadap perlakuan buruk kepada para TKI tak pernah mendapatkan tanggapan pemerintah. Pasalnya, para petinggi di lembaga yang mengurusi TKI menganggap bahwa TKI adalah dan komoditas yang bisa diperjualbelikan.

“Hal itu bisa dilihat dari adanya pungutan terhadap para buruh migran. Sejak dari prapenempatan, misalnya pengurusan dokumen, pemeriksaan kesehatan, pelatihan, dan penampungan. Sampai purnapenempatan seperti kepulangan dari bandara ke daerah asal,” kata Eko.

Rangkaian birokrasi yang korup itu sengaja dipertahankan oleh para pejabatnya, lanjut Eko, sehingga tak ada upaya serius melindungi para TKI. Dalam aksi solidaritas ini, para orangtua TKI menuntut agar ada penyelesaian terhadap aduan dari para buruh migran.

Selain itu, mereka pun menuntut pemerintah mengesahkan dan meratifikasi konvensi PBB tahun 1990 tentang Perlindungan Hak Buruh Migran dan Anggota Keluarganya. “Dan ratifikasi konvensi ILO Nomor 189 tentang kerja yang layak bagi PRT,” kata Eko dalam orasinya.

 

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s