Minat Pekerja Tegal ke Batam dan Malaysia Kurang

TEGAL, SOLINDUN@KOMPAS.com – Minat para pencari kerja asal Kota Tegal, Jawa Tengah untuk bekerja ke Batam atau Malaysia masih kurang. Dari setiap lowongan kerja ke kedua wilayah tersebut, yang disodorkan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Tegal, rata-rata hanya terisi sekitar 60 persen.

Hal itu seperti terjadi dalam seleksi tenaga kerja yang akan dipekerjakan pada dua perusahaan pembuat baterei ponsel di Batam, Rabu (5/10/2011). Dari 60 lowongan yang disediakan, hanya sekitar 35 orang yang mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi. Semuanya merupakan lulusan SMA/SMK.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Tegal, Sumito mengatakan, sebenarnya selama ini permintaan tenaga kerja ke Batam dan Malaysia sangat banyak. Kebanyakan permintaan dari perusahaan elektronika. “Sebanyak-banyaknya, mereka mau menerima,” ujarnya.

Namun ternyata, peminat tenaga kerja ke kedua wilayah itu masih kurang. Sebagian pencari kerja mengaku masih khawatir dengan rumor penyiksaan tenaga kerja (pembantu rumah tangga) di luar negeri, serta alasan jauh dari keluarga. “Padahal, kami tidak pernah mengirimkan pembantu rumah tangga, tenaga yang kami kirimkan tenaga terampil,” ujarnya.

Sejak Januari hingga September 2011, jumlah tenaga kerja dari Kota Tegal yang dikirimkan ke Malaysia sebanyak 57 orang, sedangkan ke Batam sebanyak 63 orang.

Sebenarnya, lanjut Sumito, penghasilan tenaga kerja di Malaysia dan Batam cukup tinggi. Pekerja di Batam bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 2,3 hingga Rp 2,9 juta per bulan, sedangkan pekerja di Malaysia bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 2,5 hingga Rp 3 juta per bulan.

Oleh karena itu, dinas sosial, tenaga kerja, dan transmigrasi terus melakukan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan dan sejumlah SMA/SMK. Sosialisasi disertai video aktivitas pekerja di Malaysia dan Batam, serta kesaksian pekerja.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Dalam Negeri, Malaysia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s