Kemennakertrans Buka 7.000 Lowongan TKI di Arab

Solindon@KOMPAS.com — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemennakertrans) membuka peluang 7.000 lowongan kerja baru bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) formal untuk bekerja di Arab Saudi. Lowongan pekerjaan di berbagai sektor yang tersedia ini merupakan langkah antisipasi dan solusi dalam penerapan moratorium penempatan TKI sektor pekerja domestik ke Arab Saudi.

Adapun lowongan kerja yang tersedia antara lain sopir, tenaga pemasaran dan pramuniaga, kasir, pekerja pabrik, pekerja pertanian, pekerja perkebunan, petugas kebersihan, dan perawat. Alasan pemerintah melakukan ini adalah untuk mendorong penempatan TKI sektor formal dan menggeser pekerjaan pada sektor domestik seperti pembantu rumah tangga (PRT).

“Pelan-pelan akan kita kurangi hingga titik nol pada sektor-sektor domestik,” kata Mennakertrans Muhaimin Iskandar dalam siaran pers, Senin (31/10/2011).

Menurut Muhaimin, peluang kerja TKI formal di Arab Saudi sangat besar sehingga harus dimanfaatkan oleh para TKI yang hendak bekerja di Arab Saudi. Misalnya saja, Supermarket Bin Dawood yang membutuhkan tenaga kerja sebagai sopir, kasir, pramuniaga, dan pekerja gudang. “Ini harus disebarluaskan agar calon TKI mempersiapkan diri dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan,” lanjut Muhaimin.

Nantinya, dalam penempatan TKI formal, akan ada prosedur-prosedur yang harus disepakati bersama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi, serta perusahaan swasta. Ke depannya, Kemennakertrans akan melibatkan pemerintah daerah dalam perekrutan TKI.

Jadi, sebelum perusahaan-perusahaan jasa TKI merekrut, dinas-dinas di pemerintah daerah akan bersikap proaktif agar tidak ada lagi perekrutan secara langsung di daerah-daerah yang bermasalah. “Kita akan tindak tegas PPTKIS yang menggunakan cara rekrut massal yang cenderung tidak siap pakai,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya ke Arab Saudi, Muhaimin mengadakan pertemuan dengan Abdul Razzaq D Bin Dawood, pemilik perusahaan Bin Dawood Group yang bergerak di bidang jaringan supermarket, hotel, pabrik, properti, dan sebagainya. Selain itu, Muhaimin juga bertemu dengan pengusaha-pengusaha Arab Saudi untuk melakukan lobi agar TKI formal bisa bekerja di perusahaan-perusahaan di Arab Saudi. (Riendy Astria/Kontan)


Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi, Dalam Negeri. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s