640.609 TKI di Malaysia Masuk Daftar Pemutihan

Solindon@KOMPAS.com  Sebanyak 640.609 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal di Malaysia mendaftar untuk mengikuti program pemutihan TKI. Dari jumlah itu, saat ini yang memenuhi ketentuan sebanyak 442.131 orang.

“TKI yang memenuhi ketentuan sementara itu adalah mereka yang mempunyai majikan. Dalam jangka waktu 3 bulan sejak penutupan pendaftaran tanggal 31 Agustus, mereka harus punya paspor yang dikeluarkan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia,” kata Suryana Sastradiredja, Ketua Program Penanganan Menyeluruh Pekerja Asing Tanpa Izin dari Indonesia di Malaysia, kepada wartawan Yovita Arika di Kuala Lumpur, Sabtu (12/11/2011).

Menurut ketentuan, kata Suryana, TKI ilegal yang tidak dapat menunjukkan dokumen pendukung, seperti kartu tanda penduduk dan surat keterangan dari tempat asal, akan diberi surat perjalanan laksana paspor (SPLP) untuk kembali ke tempat asal.

Suryana yakin TKI ilegal yang dipulangkan nanti hanya antara 50.000 dan 60.000 orang.

“Malaysia masih membutuhkan tenaga kerja. Kementerian Dalam Negeri Malaysia mau membantu TKI ilegal yang tidak punya majikan. Para TKI tersebut juga menguntungkan Malaysia karena, dengan pemutihan, berarti ada tambahan uang dari pajak kerja TKI yang masuk ke Pemerintah Malaysia yang besarnya sekitar Rp 4 triliun jika jumlah TKI ilegal diperkirakan 1 juta orang,” kata Suryana.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Malaysia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s