Muhaimin: Jangan Berangkat secara Ilegal

Solindon@KOMPAS.com  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meminta semua calon tenaga kerja Indonesia untuk tidak berangkat ke luar negeri sebelum memiliki dokumen lengkap. Negara penerima TKI, seperti Malaysia, hanya akan mempekerjakan TKI yang memiliki visa kerja.”Kita meminta semua masyarakat tidak berangkat kerja ke Malaysia tanpa persiapan dokumen resmi. Pemerintah Malaysia sudah sepakat hanya akan mempekerjakan TKI yang memiliki visa kerja,” ujar Muhaimin melalui layanan pesan singkat telepon seluler kepada Kompas.

Sejak 1 Desember lalu, Pemerintah Indonesia mencabut moratorium pengiriman TKI ke Malaysia. Pencabutan moratorium itu disertai dengan pengetatan pengawasan, baik di Indonesia maupun di Malaysia. Di Pontianak, polisi mengamankan sembilan calon TKI asal Nusa Tenggara Timur yang tak memiliki dokumen imigrasi sama sekali. Padahal, untuk bisa bekerja di luar negeri, mereka seharusnya memiliki paspor, visa kerja, dan keterangan tenaga kerja luar negeri.

“TKI yang tidak berdokumen dan berangkat secara ilegal hanya akan merugikan TKI itu sendiri karena bisa dideportasi setiap saat dan tak akan mendapatkan hak-haknya,” kata Muhaimin.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Malaysia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s