Perbatasan Kalbar Rawan Penyelundupan TKI

Solindon@KOMPAS.com –  Penyelundupan TKI (tenaga kerja Indonesia) secara ilegal dari berbagai daerah di Indonesia ke Sarawak, Malaysia, dan Brunei Darussalam melalui Kalimantan Barat masih terus terjadi. Penyelundupan TKI dilakukan melalui berbagai jalur di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Kepala Subdirektorat Pencegahan Tenaga Kerja Ilegal Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Yunarlim Munir, Kamis (1/12/2011), di Pontianak, mengatakan, perbatasan di Kalimantan Barat sangat rawan menjadi jalur penyelundupan TKI karena belum semua dijaga.

“Di jalur perlintasan yang sudah dijaga pun, para penyelundup TKI masih terus berupaya menyelundupkan calon TKI,” kata Yunarlim.

Hal itu terbukti dari masih ditemukannya calon TKI yang hendak diselundupkan melalui jalur utama Indonesia Malaysia melalui Pos Pemeriksaan Lintas Batas Entikong, Selasa dan Rabu (30/11/2011) kemarin.

“Ada beberapa TKI yang kami gagalkan keberangkatannya ke Sarawak dan Brunei, karena tidak memiliki dokumen lengkap,” kata Munarlim.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Malaysia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s