Awal 2012, Dua TKI Dikabarkan Meninggal

Solindon@VIVAnews – Belum lagi usai euforia tahun baru, kabar duka datang dari dua buruh migran asal Sukabumi yang bekerja di Suriah dan Malaysia.

“Baru dua hari masuk ke tahun 2012 kita sudah mendapatkan dua kabar duka dari TKI yang bekerja di Suriah dan Malaysia,” ungkap kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kabupaten Sukabumi, Aam Amarhalim, pada VIVAnews.com.

Kabar duka pertama yang diterima mengenai kematian  Entin Fatimah binti Mugni (40) warga Kampung Cikurutug RT 02 RW 06, Kecamatan Cirenghas, Kabupaten Sukabumi, yang bekerja di Suriah. Kedua, dari TKI atas nama Zainal Abidin (30) warga Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal di Malaysia.

“Kami selalu menindak lanjuti setiap mendapatkan informasi mengenai kejadian yang menimpa para TKI. Namun, tim yang kami turunkan sering terkendala medan dan alamat yang tidak jelas. Pengecekan data sering kali sulit bila TKI yang berangkat ilegal,” tegas Aam.

Untuk ke dua kabar duka ini pihak Disnakertrans baru bisa menemukan alamat dan berkomunikasi dengan keluarga almarhumah Entin Fatimah. “Adik almarhum akan datang ke kantor siang ini,” paparnya.

Sedangkan untuk Zainal Abidin, pihak Disnakertrans mendapat kesulitan untuk melakukan pengecekan data. “Kami sudah dapat alamatnya dan petugas yang di lapangan sudah ke rumahnya, namun pihak keluarga kebingungan. Mereka bilang Zainudin memang izin pergi untuk bekerja tapi tidak bilang mau ke mana,” ungkap Kepala seksi Penempatan Tenaga Kerja dan Pengawasan Disnakertrans, Kabupaten Sukabumi, Ismail.

Disnakertrans terus mencoba berkoordinasi dengan pihak BNP2TKI, Kementerian Luar Negeri dan Kemenakertrans Pusat. Upaya ini untuk mengecek data yang ada saat ini antara yang dimiliki keluarga dan data yang dikeluarkan oleh pemerintah. “Ini untuk memperjelas semuanya baik proses pemulangan jenazah, kronologis kematian hingga hak-hak para TKI yang meningggal di luar negeri,” tandas Ismail.

Hingga dikeluarkannya moratorium oleh pemerintah pusat terhadap negara-negara dikawasan Timur Tengah dan Asia Pasifik, Kabupaten Sukabumi, mempunyai peringkat pengirim TKI ketiga terbanyak di Jawa Barat, setelah Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cianjur.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Malaysia, Timur Tengah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s