Jasad TKW Yuyun Tanpa Busana dan Penuh Memar

Solindon@VIVAnews — Tangis dan jerit duka terdengar saat jasad tenaga kerja wanita (TKW) Yuyun Yuningsih Binti Mahpud (25) tiba di rumahnya di RT 03/01, Kampung Genteng Pasir, desa Lengansari Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Yuyun yang tak diketahui nasibnya selama dua tahun, pulang dalam kondisi mengenaskan, tanpa nyawa. Yang lebih mengherankan, saat dimandikan, diketahui tubuhnya penuh memar.

Anggota polisi dari Polsek Sukaraja yang menerima foto kondisi jasad korban langsung turun tangan, memeriksa jasad Yuyun dan mengumpulkan keterangan saksi.

Kapolsek Sukaraja, Warsito mengatakan, Yuyun dipulangkan tanpa busana, hanya ditutupi selembar kain berwarna kuning. “Dari hasil identifikasi sementara di tubuh almarhumah memang ditemukan beberapa lebam terutama bagian belakang tubuhnya. Luka lebam juga terlihat di kuping bagian kiri ke arah kepala bagian belakang. Kami belum bisa memastikan lebam dan luka disebabkan oleh apa, harus dilakukan visum,” kata dia kepadaVIVAnews.com.

Saat ini, dia menambahkan, polisi sedang menanti kesediaan keluarga untuk menvisum jasad Yuyun. Polisi juga sedang fokus menindaklanjuti kejanggalan prosedur pengiriman jenazah. “Ada banyak kejanggalan dalam pengiriman jenazah dan status jenazah saat dipulangkan. Tidak disertai dokumen resmi, keterangan kematian dan pendampingan dari pihak BNP2TKI, Disnaker atau KJRI seperti yang seharusnya sesuai prosedur pemulangan TKI,” paparnya.

Saat ini polisi menahan tiga orang untuk dimitai keterangan. Ketiganya merupakan pengantar jenazah. Selain itu polisi menyita barang bukti Surat dari BNP2TKI tanpa nomor, fotokopi paspor almarhum dan uang sebesar US$50. “Kami sedang berkoordinasi dengan pihak Polres dan Jakarta untuk mendalami PJTKI dan asal jenazah dikirimkan,” tambah dia.

Dari sejumlah surat itu, diketahui, Yuyun  bekerja di Yordania. Namun dalam formulir itu tidak dijelaskan almarhum bekerja sebagai apa, di mana dan kepada siapa.

Di surat itu juga tidak ada keterangan mengenai sebab kematian almarhum. Dalam from itu hanya dituliskan nama almarhum, alamat, dan nomor paspor almarhum AN 566133. (eh)

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi, Timur Tengah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s