TKI Pamekasan Meninggal Dunia di Malaysia

Solindun@KOMPAS.com – Halili (20), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Brukoh, Desa Klompang Timur, Kecamatan Pakong, Pamekasan, Madura, meninggal dunia di Malaysia.

Kabar kematian Halili diterima pihak keluarga dari teman korban di Malaysia pada Senin (6/2/2011) jam 07.20 WIB. Sedangkan jenazah korban, baru tiba di rumahnya pada Rabu (8/2/2011) malam, setelah melalui proses pemulangan yang cukup rumit.

Zainal Abidin, Kepala Desa Klompang Timur menjelaskan, Halili meninggal akibat serangan jantung. Oleh teman-temannya Halili sempat dilarikan ke rumah sakit. Menurut mereka pihak rumah sakit kurang cepat menangani Halili, sehingga nyawa pemuda itu tidak tertolong.

“Korban sengaja ditelantarkan oleh pihak rumah sakit di Malaysia, karena tidak cepat dilakukan tindakan dan perawatan dengan baik sehingga sampai meninggal dunia,” kata Zainal Abidin.

Untuk mengeluarkan jenazah Halili dari rumah sakit diperlukan proses administrasi yang cukup rumit. Demikian juga dengan proses pemulangannya sehingga baru tiga hari setelah kematiannya, Halili dipulangkan ke Indonesia.

“Kita tidak tahu kenapa rekomendasi pemulangannya dipersulit oleh pemerintah Malaysia. Padahal semua biaya sudah ditanggung pihak keluarga,” tambah Zainal.

Halili berangkat ke Malaysia dua tahun lalu. Di Malaysia, korban bekerja sebagai kuli bangunan bersama lima teman lainnya. Selama dua tahun berada di Malaysia, korban tidak pernah pulang ke kampung halamannya. Meskipun begitu setiap dua bulan dia mengirim uang kepada keluarganya di Pamekasan.

Menurut Zainal Abidin, karena kesulitan ekonomi banyak pemuda Desa Klompang Timur yang menjadi TKI di Malaysia dan Arab Saudi setelah mereka lulus SMP atau SMA.

Meninggalnya Halili merupakan kejadian yang kedua kalinya selama kurun waktu satu tahun terakhir. Sebelumnya Agus Salim (22) juga meninggal dunia di Malaysia pada Oktober 2011 lalu. Proses pemulangannya juga mengalami hal yang sama seperti Halili.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Malaysia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s