Jenazah TKI Asal Tuban Tertahan Dua Bulan

TUBAN, Solindon@KOMPAS.com- Jenazah tenaga kerja Indonesia, Sulaiman bin Dasuki, warga Desa Bringin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, baru diterima keluarga, Sabtu (24/3/2012) pukul 17.00 setelah tertahan selama dua bulan lebih di Arab Saudi.

Keluarga korban histeris, bahkan istri almarhum, Mutiah pingsan saat jenazah Sulaiman tiba. Setelah dishalati, janazah langsung dimakamkan.

Kepala Desa Bringin, Rodhi, menuturkan, informasi meninggalnya Sulaiman diterima keluarga pada 14 Januari 2012 dari rekan kerjanya asal Gresik. Sulaiman meninggal pada 9 Januari karena terkena penyakit sakit kepala sebagian (migrain).

Selama dua tahun sejak keberangkatannya, Sulaiman yang bekejra sebagai kuli bangunan tidak pernah mengeluhkan gangguan kesehatan. Keluarga menyayangkan perusahaan jasa penyalur TKI, PT Fahad Fajar Mustika (FHM), yang memberangkatkan Sulaiman tidak peduli proses pemulangan jenazah Sulaiman.

Jenazah Sulaiman tertahan lebih dari dua bulan di rumah sakit yang ada di Riyadh, Arab Saudi. “Proses administrasi berbelit, dan biaya pengurusan jenazah yang ditanggung keluarga sangat besar,” kata Rodhi.

Menurut Rodhi, Perusahaan Jasa Pengerah Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang memberangkatkan Sulaiman sama sekali tidak bertanggung jawab. Keluarga berharap setidaknya PT FHM memberikan ganti rugi biaya proses pemulangan jenazah yang dibebankan pada keluar ga.

Keluarga bahkan masih menunggak biaya pemulangan jenazah. Sopir ambulans Syamsul dari Jakarta menagih kekurangan uang administrasi Rp 2,5 juta kepada keluarga Sulaiman.

Tentang Maryudi

Saya adalah TKI , dan ingin berbuat sesuatu untuk negaraku INDONESIA
Pos ini dipublikasikan di Arab Saudi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s